STRATEGI KOMUNIKASI HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) PALANG MERAH INDONESIA (PMI) KOTA BIMA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT UNTUK DONOR DARAH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Aini Annisya

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi Hubungan Masyarakat (Humas) Palang Merah
Indonesia (PMI) Kota Bima Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Untuk Donor Darah.
Rumusan masalah yang diangkat dalam pembahasan ini yaitu, Bagaimana starategi komunikasi
hubungan masyarakat (Humas) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bima dalam meningkatkan
kesadaran masyarakat untuk donor darah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
starategi komunikasi hubungan masyarakat (Humas) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bima
dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk donor darah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Berdasarkan analisis terhadaps sejumlah
variable penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, maka hasil penelitian
yang diperoleh yaitu: Hubungan masyarakat atau Public relations adalah suatu usaha yang
sengaja dilakukan, direncanakan secara berkesinambungan untuk menciptakan saling
pengertian antara sebuah lembaga/institusi dengan masyarakat. Aktivitas public relations
adalah menyelenggarakan komunikasi timbal balik antara lembaga dengan publik yang
bertujuan untuk menciptakan saling pengertian dan dukungan bagi tercapainya suatu tujuan
tertentu, kebijakan, kegiatan produksi, demi kemajuan lembaga atau citra positif organisasi
dan tujuan organisasi terhadap membangun kesadaran masyarakat untuk melakukan donor
darah.
Saran diajukan untuk menampung pendapat dan masukan dari masyarakat luas terhadap
pelayanan dan fasilitas organisasi, akan lebih baik jika public relations PMI mengaktifkan forum
internet atau website yang bisa diakses oleh masyarakat luas, tidak hanya di Indonesia saja tapi juga di dunia, sehingga bisa berguna untuk perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan dan informasi PMI selanjutnya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##