STRATEGI TOKOH MASYARAKAT DALAM PENANGANAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI DESA RAI OI KECAMATAN SAPE KABUPATEN BIMA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Firdaus Firdaus
Junaidin Junaidin
Sita Komariah
Ihwan Ihwan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kekerasan dalam rumah tangga di Desa Rai Oi Kecamatan Sape Kabupaten Bima dan Untuk mengetahui Strategi komunikasi tokoh masyarakat dalam penanganan KDRT di Desa Rai Oi Kecamatan Sape Kabupaten Bima. enis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Desa Rai Oi Kecamatan Sape Kabupaten Bima. Waktu penelitian dilaksanakan selama 3 Bulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Pengamatan (observasi), Wawancara dan Dokumentasi. informan dalam penelitian ini yaitu Tokoh Masyarakat, dan Masyarakat yang ada di Desa Rai Oi Kecamatan Sape Kabupaten Bima. tehnik analisis data yang digunakan yaitu Analisis data, Reduksi data dan Penarikan kesimpulan. tehnik uji keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi sumber. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Faktor penyebab terjadinya kekerasan dalam rumah tangga di Disa Rai Oi Kecamatan Sape Kabupaten Bima yaitu; Penghasilan (uang belanja), Masalah asmara (kecemburuan), Intervensi orang tua (mertua), Tidak memperhatikan anak karena lebih banyak melakukan hal lain, Minuman keras (mabuk-mabukkan), dan judi. (2) Strategi tokoh masyarakat dalam penanganan Kekerasan dalam rumah tangga di Desa Rai Oi Kecamatan Sape Kabupaten Bima yaitu; Who (Siapa). Berkaitan dengan komunikator atau orang yang menyampaikan pesan, Says What (Apa). Berkaitan dengan isi pesan yang disampaikan kepada orang lain, Channel (Media). Berkaitan dengan alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan, Whom (Penerima). Berkaitan dengan siapa yang menerima pesan, dan Effect (efek). Berkaitan dengan bagaimana efek setelah pesan itu disampaikan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Changara, Hafiedz. 2008. Pengantar Ilmu Komunikas. Rajagrafindo Persada Jakarta.
  2. Effendy Onong Uchjana 2005. Dinamika Komunikasi. Remaja Rosdakarya Bandung.
  3. Effendi, Bogdan Tayler, 2006, Metode Penelitian Survai, Jakarta: LP3ES.
  4. Faisal, 2005, Dasar dan Teknik Penelitian Keilmuan Sosial, Surabaya: PT Usaha Nasional.
  5. Hadi Sutrisno. 2006. Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Ofset.
  6. Linton ferguasa, Latief takane, 20006. Statistika Untuk Penelitian, Cetakan Kedua, Bandung: Alfabeta.
  7. Moleong, 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif: Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  8. Nurhayati Eli 2000. Iktiar Mengatasi Kekerasan Dalam Rumah Tangga (Belajar Dari Kehidupan Rasulullah SAW). JAKARTA : Lembaga Kajian Agama Dan Gender.
  9. Papayungan, black and champion dkk. 2005 : Metodologi Pengamatan Research Jilid II. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
  10. Ramli Atmasasmita 2000. Teori Dan Kapita Selekta Kriminologi. BANDUNG : PT Eresc.
  11. Saraswati, Rika (Monsoer). 2006. Perempuan dan Penyelesaian Kekerasan dalam Rumah Tangga.Bandung: PT Citra Aditya Bakti.
  12. Schram Wilbur. 2005. Komunikasi Massa (suatu pengantar). Rusady Ruslan Media Bandung.
  13. Sunarto. 2005. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Rosda.
  14. Soejono Soekanto. 2003. Sosiologi Suatu Pengantar. JAKARTA : PT Raja Grafindo Persada.
  15. Thomas Santoso, 2002. Teori-Teori Kekerasan. JAKARTA : Ghalia Indonesia.