ANALISIS KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT BELO KABUPATEN BIMA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mega Suciati Wardani

Abstract

Penelitian ini  berjudul:  “Analisis Kenerja Pegawai (Studi Kasus Pada Kantor Camat Belo

Kabupaten Bima) Program Studi Ilmu Adminitrasi Negara STISIP Mbojo Bima ini dapat diselesaikan walau diinsyafi bahwa di sana sini terdapat ketidak sempurnaanâ€, dengan masalah yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah: Bagaimana kinerja pegawai   pada Kantor Camat Belo Kabupaten Bima dan Penelitian ini bertujuan:  Untuk Mengetahui kinerja pegawai pada Kantor Camat Belo Kabupaten Bima. Dalam pembahasan penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian yaitu diskriptif, dengan tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Penentuan sampel menggunakan tehnik purposive sampling (sampel sengaja) dengan jumlah responden sebanyak 9 orang. Kemudian tehnik analisis data menggunakan tehnik kualitatif deskriptif yang didahului dengan penyajian hasil wawancara. Berdasarkan analisis terhadap sejumlah variabel dalam penelitian, maka hasil penelitian yang diperoleh yaitu: Kinerja pegawai Kantor Camat Belo sangat bisa diandalkan dan bisa dianggap sebagai pegawai yang mampu bertanggung jawab dalam menjalankan tugas masing-masing sehingga para pegawai yang ada di Kantor Camat Belo ini pantas dijadikan contoh oleh pegawai-pegawai kantor camat lainnya. Yang terpenting adala mereka selalu mentaati aturan sehingga dapat membuat bapak camat bangga dan memberikan apresiasi yang sangata tinggi terhadap pegawainya. Adapun saran dalam penelitian ini adalah 1). Kedepannya pihak kantor Camat Belo mampu mempertahankan dan mampu untuk lebih meningkatkan kinerja pegawainya dalam melaksanakan tugas. 2). Dibutuhkan adanya pembinaan dan pengawasan pegawai yang intens untuk mendukung terciptanya aparat yang professional dan bertanggung jawab serta memiliki kepekaan sosial dan mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Creswell. 2008. Metode Penelitian. Jakarta. Sinar Jaya.
  2. Faisal, Sanapiah, 1995, Format-format Penelitian Sosial, Cetakan Ketiga, Rajawali Pers, Jakarta. Kumorotomo, Wahyudi, 2002, Etika administrasi Negara. Rajawali Pers, Jakarta.
  3. Malayu, Hasibuan, 1986, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.
  4. Miles, Matthew B dan A. Michael Huberman, 1992, Analisis Data Kualitatif, Cetakan Pertama, UI-Press, Jakarta.
  5. Moleong, Lexy J., 1999, Metodologi Penelitian Kualitatif, Cetakan Kesepuluh, Remaja Rosdakarya, Bandung.
  6. Moeljatno, 2000, Asas-Asas Hukum Pidana, Rineka Cipta, Jakarta. Mul, Yatno, 1983, Asas-Asas Hukum Pidana, Bina Aksara, Jakarta.
  7. Papayungan M., Dkk., 1992, Metode Penelitian Ilmu Sosial (Teori dan Praktek), Pusat Studi
  8. Kependudukan Universitas Hasanuddin Ujung Pandang.
  9. Situmorang, Victor, 1989, Dasar-dasar Hukum Administrasi Negara, Bina Aksara Jakarta. Usman, Ahmad, 2008, Mari Belajar Meneliti, Genta Press, Yogyakarta.