KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI TK AL_AZZAM DESA KANANGA KECAMATAN BOLO KABUPATEN BIMA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sita Komariah

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui komunikasi interpersonal guru dalam pembentukan karakter anak di Tk Al_Azzam Desa Kananga Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan utama kepala sekolah dan guru. Sedangkan informan pendukung adalah walimurid. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian kelima indikator komunikasi interpersonal guru dalam pembentukan karakter anak, pada dasarnya sudah terlaksana dengan baik melalui: Pertama, Percakapan yang dilakukan melalui pertanyaan-pertanyaan dengan menanyakan kabar murid, nasihat-nasihat bahkan guru meminta murid untuk bercerita tentang kesehariannya serta guru terbiasa mendengarkan percakapan antar murid maupun pertanyaan yang diajukan., Kedua, Dialog dilakukan oleh guru di setiap kegiatan belajar dan bermain siswa. Selama pelajaran berlangsung guru sering ditanya oleh murid dan guru pula bertanya kepada murid, sehingga membentuk dialog., Ketiga, Sharing antara guru dan murid dilakukan dengan berbagi pengalaman dan keilmuan. Dimana guru menempatkan diri sebagai sumber dan bahkan sebagai penerima pesan, begitupula sebaliknya yang dilakukan murid., Keempat, Wawancara antara guru dan murid dilakukan dan tujukan kepada murid-murid yang mengalami permasalahan belajar maupun bermain bersama teman-temannya melalui tatap muka., dan Kelima,  Konseling dilakukan secara langsung kepada murid-murid yang mengalami masalah, baik masalah di sekolah maupun kesulitan dilingkungannya dengan mengurangi beban batin, pengembangan wawasan, pemikiran, sikap penemuan masalah dan pemecahannya, melatih kecakapan komunikasi interpersonal: mendengarkan dan menanggapi rekan bicara dengan baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Agus Wibowo. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Bungin, Burhan, 2010. Penelitian Kualitatif, Kencana Prenada Media Grup, Jakarta.
  3. Hafied Cangara, 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.
  4. Hamid Darmadi, 2013. Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Rineka Cipta.
  5. Lickona, Thomas. 2012. Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab. (Penerjemah: Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Sasa Djuarsa Sendjaja, Dkk, 2005. Pengantar Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.
  7. Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.