PENGARUH IKLAN TERHADAP MINAT BELI KOSMETIK WARDAH DI KELURAHAN PENANAE KOTA BIMA

Nur Islamiah, Tasrif Tasrif, Irham Irham

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan terhadap minat beli produk Wardah di Kelurahan Penana’e Kota Bima. Iklan tentang produk wardah diambil sebagai objek yang diteliti melalui penentuan rumusan masalah dari latar belakang yang dimuat dalam penelitian ini. Dengan melihat minat beli masyarakat Penana’e terhadap produk Wardah sebagai bahan yang digunakan untuk kecantikan dan daya tarik bagi perempuan. Kesadaran ini lahir dari iklan wardah yang ditayangkan melalui televisi untuk menarik minat konsumen agar membeli dan menggunakanya. Sebagaimana Wardah merupakan salah satu produk unggulan yang digunakan oleh sebagian masyarakat di Penana’e khususnya wanita. Cara khusus yang dilakukan penulis untuk mengungkap hasil penelitian yakni dengan cara menganalisa hasil data statistik yang dirancang dari indikator dan konsep, teori tentang variabel x dengan variabel y. Dua variabel ini telah diuji dengan melihat hasil nilai menggunakan analisis distibusi frekuensi dan pengolahan data melalui SPSS. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi dalam pendekatakan kuantitatif. Bahwa melihat pengaruh variabel iklan terhadap variabel minat beli untuk menguji hipotesis H1 dengan Hipotesis Ha. Berdasarkan hasil penelitian didapat Iklan pada kosmetik wardah memiliki daya tarik yang tinggi sehinga secara langsung menimbulkan minat beli konsumen pada kosmetik wardah tersebut, menjawab semua rumusan masalah pada penelitian dan tujuan dari penelitian dengan mengunakan satu media iklan yaitu iklan televisi. Di sisi lain terdapat pengaruh variabel iklan terhadap variabel minat beli. Didapat nilai sebanyak 12, 9 %, artinya hipotesis Ha diterima dan Hipotesis H0 ditolak. Dari data tersebut terdapat pengaruh iklan terhadap minat beli produk wardah di Kelurahan Penana’e Kota Bima.


Kata Kunci


Periklanan, Komunikasi Pemasaran

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler and Keller. Komunikasi Massa : Sebuah Analisis isi Media Televisi. Jakarta : Rienka Cipta. 2008.

Sugiyono . Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi kuantitatif. Jakarta :

PT : Bumi Aksara. 2013.

Umar, Arikunto. Motode Riset Kuantitatif Komunikasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2013.

Widyatama. 2005. Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Bandung; Citapustaka Media.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.