MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR LURAH RABADOMPU BARAT KECAMATAN RABA KOTA BIMA

Sri Asmiatiningsih, Mukhlis Ishaka, Mas'ud Mas'ud, Nurlaila Nurlaila

Sari


Artikel ini didasari dari hasil penelitian ini berjudul Manajemen Pelayanan Publik di Kantor Lurah Rabadompu Barat Kecamatan Raba Kota Bima. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah penerapan prinsip kesederhanaan dalam manajemen pelayanan publik di Kantor Lurah Rabadompu Barat Kecamatan Raba Kota Bima? 2) Bagaimanakah penerapan prinsip kelengkapan sarana dan prasarana dalam manajemen pelayanan publik di Kantor Lurah Rabadompu Barat Kecamatan Raba Kota Bima? 3) Bagaimanakah penerapan prinsip kenyamanan dalam manajemen pelayanan publik di Kantor Lurah Rabadompu Barat Kecamatan Raba Kota Bima?. Adapun tujuan dalam penelitian ini yakni: 1) Untuk mengetahui penerapan prinsip kesederhanaan dalam manajemen pelayanan publik di Kantor Lurah Rabadompu Barat Kecamatan Raba Kota Bima 2) Untuk mengetahui penerapan prinsip kelengkapan sarana dan prasarana dalam manajemen pelayanan publik di Kantor Lurah Rabadompu Barat Kecamatan Raba Kota Bima, dan 3) Untuk Mengetahui penerapan prinsip kenyamanan dalam manajemen pelayanan publik di Kantor Lurah Rabadompu Barat Kecamatan Raba Kota Bima. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) berdasarkan analisis terhadap sejumlah indikator, maka hasilnya sangat sederhana; 2) berdasarkan analisis terhadap sejumlah indikator maka hasilnya sangat lengkap; dan 3) berdasarkan analisis terhadap sejumlah indikator, maka hasilnya sudah sangat nyaman. Ketiga hasil penelitian tersebut telah sesuai dengan amanat Undang-Undang Republik Indonesia No: 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.


Kata Kunci


Pelayanan Publik, Kantor Lurah

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Abidin, Wikrama I., Tranparansi (Artikel), Majalah Sinar, Jakarta, Tanggal 14 September 1996.

Admosudirjo, Prajudi,1982, Administrasi dan Manajemen Umum, Ghalia Indonesia, Jakarta

Arikunto, Suharsimi, 1998, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta.

Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Dalam Negeri dan Otonomi Daerah, 2000, Metode Penelitian Sosial (Terapan dan Kebijaksanaan), Jakarta.

Creswell. 2008. Metode Penelitian. Jakarta. Sinar Jaya.

Danim, Sudarwan, 2002, Menjadi Peneliti Kualitatif, Cetakan I, Pustaka Setia, Bandung.

Koentjaraningrat, 1993, Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan, Gramedia Pusaka Utama, Jakarta.

Malayu, Hasibuan, 1986, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.

Mantra, Ida Bagoes, 2004, Filsafat Penelitian dan Metode Penelitian Sosial, Pustaka Pelajar Offset, Cetakan I, Yogyakarta.

Miles, Matthew B dan A. Michael Huberman, 1992, Analisis Data Kualitatif, Cetakan Pertama, UI-Press, Jakarta.

Moleong, Lexy J., 1999, Metodologi Penelitian Kualitatif, Cetakan Kesepuluh, Remaja Rosdakarya, Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.