Mbolo Weki dan Mbolo Rasa sebagai Manifestasi Budaya Kasama Weki (Studi pada Kelurahan Rabadompu Timur Kota Bima)

Wawan Mulyawan, Akhyar Akhyar, Muhammad Iptidaiyah, Ahmad Usman

Sari


Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan kegiatan mbolo weki dan mbolo rasa masyarakat pada tahap sebelum acara hajatan di Kelurahan Rabadompu Timur Kota Bima. 2) Untuk mendeskripsikan kegiatan mbolo weki dan mbolo rasa masyarakat pada tahap pelaksanaan acara hajatan di Kelurahan Rabadompu Timur Kota Bima. Jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini di antaranya : pegawai kelurahan, pengurus lembaga sosial/kemasyarakatan kelurahan, masyarakat umum, tokoh agama, dan tokoh masyarakat di Kelurahan Kumbe Kota Bima. Penentuan informan dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis secara deskriptif kualitatif, yang dimulai dari reduksi data, display data, dan verifikasi dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitiannya yakni: pertama, kaitan dengan kegiatan mbolo rasa masyarakat dalam tahap sebelum acara hajatan, hasilnya sudah dilaksanakan sesuai dengan aturan adat yang secara turun-temurun diwariskan walaupun tidak tertulis dan juga anjuran dalam ajaran agama Islam (QS Ali Imron (3):159). Kedua, kaitan dengan kegiatan dalam tahap pelaksanaan acara hajatan mbolo weki dan mbolo rasa, hasilnya sudah dilaksanakan sesuai dengan aturan adat yang secara turun-temurun diwariskan walaupun tidak tertulis dan juga anjuran dalam ajaran agama Islam (QS Ali Imron (3):159).


Kata Kunci


mbolo weki, mbolo rasa, budaya kasama weki

Teks Lengkap:

File PDF

Referensi


Asmawati. 2018. Studi tentang ”Mbolo Weki” dan ”Mbolo Rasa” sebagai Wujud Budaya Gotong Royong di Kelurahan Kumbe Kota Bima (Skripsi). Bima : STISIP Mbojo Bima.

Departemen Agama RI. 1998. Al Qur’an dan Terjemahannya (Ayat Pojok Bergaris). Semarang : Asy-Syifa’

Moleong, Lexy J., 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya : Bandung.

Rahyono, FX. 2009. Kearifan Budaya dalam Kata. Jakarta: Wedatama Widyasastra.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif. Bandung : Alfabeta

Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutopo, H B. 2006. Metodologi Penelitian Kwalitatif Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universita Sebelas Maret.

Usman, Ahmad. 2019. Merajut Mozaik Kebersamaan Membangun Kemandirian Desa. Yogyakarta : M. Muflihun Publishing.

-------------------. 2020. Internalisasi Nilai Karawi Kaboju, Sebagai Kearifan Lokal Dou Mbojo (Naskah Buku). Bima : STISIP Mbojo Bima.

Usman, Ahmad dan Abdul Kadir. 2019. Akselerasi Perubahan Sosial Melalui Gerakan Revolusi Mental. Yogyakarta : M. Muflihun Publishing.

Wahono, Francis. 2005. Pangan, Kearifan Lokal dan Keanekaragaman Hayati. Yogyakarta : Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.