Pelaksanaan Prinsip Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Langgudu Kabupaten Bima

Firmansyah Firmansyah, Arif Budiman, Muhamadong Muhamadong, Hendra Hendra, Firliah Rizkiani

Sari


Arikel ini didasari dari hasil penelitian dengan judul Pelaksanaan Prinsip Pelayanan Publik Pada Kantor Camat Langgudu Kabupaten Bima Kabupaten Bima. Adapun masalah yang di angkat dalam penelitian ini adalah : Bagaimana pelaksanaan prinsip kesederhanaan, prinsip kejelasan, prinsip ketepatan waktu dan prinsip keterbukaan dalam memberikan pelayanan publik pada Kantor Camat Langgudu Kabupaten Bima ?Penelitian ini bertujuan : untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan prinsip kesederhanaan, prinsip kejelasan, prinsip ketepatan waktu dan prinsip keterbukaan dalam memberikan pelayanan publik pada Kantor Camat Langgudu Kabupaten Bima.Berdasarkan hasil pembahasan, menunjukkan bahwa Pelayanan Publik Oleh Aparatur Kecamatan Terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kantor Camat Langgudu Kabupaten Bima, sudah berjalan dengan baik. Hal ini, dapat dilihat dari : Dari pembahasan sebelumnya, dapatlah penulis simpulkan beberapa hal sebagai berikut: (1) Berdasarkan variabel kejujuran sebagai wujud evaluasi pelayanan publik pada Kantor Camat Langgudu, baik tidak menyalahgunakan wewenang dalam pelayanan, transparansi dalam pelayanan,  sikap karyawan dalam pelayanan, maupun kesetiaan dalam pelayanan, maka hasilnya dinilai informan sudah dilaksanakan dengan baik sesuai yang diharapkan. (2) Berdasarkan variabel tanggung jawab pelayanan sebagai wujud evaluasi pelayanan publik pada Kantor Camat Langgudu, baik ketepatan dalam pelayanan, pelemparan tanggung jawab, pemeliharaan dan penggunaan pasilitas kantor, maupun menyadari kepentingan publik, maka hasilnya dinilai informan sudah dilaksanakan dengan baik. (3) Berdasarkan variabel disiplin dalam pelayanan sebagai wujud evaluasi pelayanan publik pada Kantor Camat Langgudu, baik ketaatan pada peraturan yang berlaku, pelaksanaan tugas sesuai jam kerja, kesediaan untuk menerima keluhan (karyawan belum tanggap terhadap keluhan pengguna jasa), maupun kesungguhan karyawan dalam pelayanan, maka hasilnya dinilai informan sudah dilaksanakan dengan baik sesuai yang diharapkan. (4) Berdasarkan variabel diskriminasi pelayanan sebagai wujud evaluasi pelayanan publik pada Kantor Camat Langgudu, baik tindakan pilih kasih dalam pelayanan maupun posisi masyarakat dalam pelayanan, maka hasilnya dinilai informan sudah dilaksanakan dengan baik sesuai yang diharapkan. (5) Berdasarkan indikator keikhlasan dalam pelayanan publik pada Kantor Camat Langgudu, baik kerja tanpa pamrih, kerja tidak mengharapkan balas jasa, kerja secara totalitas, dan kerja dengan loyalitas, maka rata-rata hasilnya sudah cukup baik.


Kata Kunci


Pelaksanaan, Prinsip, Pelayanan Publik

Teks Lengkap:

File PDF

Referensi


Abidin, Wikrama I., Tranparansi (Artikel), Majalah Sinar, Jakarta, Tanggal 14 September 1996.

Admosudirjo, Prajudi,1982, Administrasi dan Manajemen Umum, Ghalia Indonesia, Jakarta

Ali, Faried, 1997, Metodologi Penelitian Sosial Dalam Bidang Ilmu Administrasi dan Pemeritahan, RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Anoraga, Pandji, Tantangan Meningkatkan Profesionalisme (Artikel), Harian Merdeka, Jakarta, Tanggal 23 Januari1992.

Arikunto, Suharsimi, 1998, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rineka Cipta.

Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Dalam Negeri dan Otonomi Daerah, 2000, Metode Penelitian Sosial (Terapan dan Kebijaksanaan), Jakarta.

Darwin, Muhajir, 1998, Teori Administrasi Publik, Diktat kuliah, S2 Administrasi Negara Fisipol UGM, Yogyakarta.

Fadillah, 2001, Pelayanan Publik Suatu Pengantar, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Faisal, Sanapiah, 1995, Format-format Penelitian Sosial, Cetakan Ketiga, Rajawali Pers, Jakarta.

Gunarya, Arlina, 1985, Dasar Metode Penelitian, Universitas Hasanuddin, Ujung Pandang.

Handayaningrat, Soewarno, 1982, Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Managemen, Gunung Agung Jakarta.

Hardjoesoekarto, Sudarsono, 1994, Sistem Informasi Manajemen Suatu Pengantar, Gunung Agung Jakarta.

Kumorotomo, Wahyudi, 2002, Evaluasi administrasi Negara. Rajawali Pers, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.